Sabtu, 01 Oktober 2016

Batuk saat hamil, Apa obatnya ?

Obat demam untuk ibu hamil sebenarnya mudah didapatkan, namun apa pun merek dan jenisnya, Anda tetap harus berhati-hati menggunakannya sebab pada saat hamil, segala sesuatu yang dilakukan atau dikonsumsi akan berdampak kepada kondisi bayi di dalam kandungan.

Pada dasarnya, ibu hamil akan memiliki imunitas yang tubuh lebih rendah ketika hamil dibanding dengan wanita seusianya. Hal ini merupakan reaksi alami tubuh Ibu agar tidak menolak hadirnya janin di dalam rahim. Dengan demikian, infeksi bakteri dan virus akan lebih mudah menyerang.

http://hamilplus.com/perkembangan-janin-usia-6-bulan/
http://hamilplus.com/senam-ibu-hamil-cara-dan-gerakan/
http://hamilplus.com/pantangan-ibu-hamil-larangan/

Obat Demam yang Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Demam yang terjadi pada ibu hamil mungkin saja disebabkan oleh dampak dari penyakit yang tidak berhubungan dengan kehamilan. Untuk memastikannya, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter.

Sementara itu, ada beberapa obat penurun demam yang biasanya boleh dikonsumsi setelah berkonsultasi ke dokter. Obat-obatan itu adalah:

Paracetamol

Secara umum, paracetamol aman dikonsumsi oleh ibu hamil ketika sedang mengalami demam. Walau demikian, pemakaian paracetamol tetap harus diperhatikan. Gunakan sesedikit mungkin dan dalam jangka waktu sependek mungkin.

Ibuprofen

Ibu hamil disarankan untuk menghindari ibuprofen. Obat yang satu ini disarankan untuk dihindari oleh ibu hamil dengan usia kandungan kurang dari 30 minggu dikarenakan bisa menimbulkan efek samping berupa peningkatan risiko keguguran. Ibuprofen juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil kehamilan di atas 30 minggu karena ditakutkan dapat menyebabkan komplikasi berupa berkurangnya cairan ketuban dan masalah pada jantung bayi

Jika Anda tetap harus mengonsumsi ibuprofen, konsultasikan terlebih dahulu tentang keuntungan dan kerugian ibuprofen kepada dokter.

Lalu Bagaimana Cara Menurunkan Demam Tanpa Obat-obatan?

Apabila Anda benar-benar tidak diperbolehkan minum obat penurun demam demi keselamatan bayi di dalam kandungan, jangan khawatir. Anda tetap dapat menurunkan demam dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
  1. Tetap berada di dalam ruangan yang sejuk atau di luar ruangan yang teduh untuk membantu menurunkan suhu tubuh.
  2. Minum air putih lebih banyak agar tidak dehidrasi sekaligus membantu mendinginkan tubuh dari dalam.
  3. Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh Anda memerangi penyebab demam. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk beristirahat dan hindari aktivitas berat serta stres.
  4. Kompres dahi Anda dengan kain yang sudah dibasuh air dingin dengan posisi tubuh berbaring.
  5. Mandi menggunakan air hangat akan membuat panas tubuh menguap sehingga demam akan turun. Hindari mandi menggunakan air dingin karena akan membuat Anda menggigil.
  6. Hal ini dapat berakibat suhu tubuh cenderung akan cepat kembali naik.
  7. Menggunakan kipas angin dengan maksud menyejukkan ruangan. Namun, hindari tubuh Anda terkena tiupan angin secara langsung untuk mencegah kedinginan.
  8. Tidak menggunakan pakaian berlapis-lapis. Jika Anda merasa kedinginan, gunakan selimut yang tidak terlalu tebal. Lepas selimut jika sudah merasa hangat.

Mengonsumsi obat demam untuk ibu hamil bukan satu-satunya jalan untuk menurunkan suhu tubuh yang sedang demam. Bagaimana pun keadaan Anda, tetaplah berhati-hati dalam mengonsumsi obat demi kesehatan bayi di dalam kandungan. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter apabila Anda membutuhkan obat-obatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar